Resep Cilok Bakar Bandung Spesial

asd

RANCAH POSTResep cilok bakar bandung spesial. Cilok adalah salah satu makanan yang berbentuk bulat dan kenyal, mungkin makanan ini sudah tidak asing lagi. Makanan ini sudah ada sejak lama dan makanan ini juga sudah menjadi favorit jajanan para anak-anak bahkan para orang dewasa sekalipun. Cilok hampir ada setiap penjuru, pelosok-pelosok di Indonesia sering kita jumpai. Namun cilok di setiap daerah itu macam-macam rasa dan macam bentuknya. Nama cilok berasal dari bahan yang digunakan yaitu aci dicolok.


Namun kali ini ada cilok yang berasal dari kota Bandung, yaitu cilok bakar spesial Bandung. Mungkin soal rasa cilok Bandung ini beda dengan daerah-daerah lainnya tetapi dari daerah manapun namanya tetap cilok. Bahkan sejak zaman nenek kita, cilok sudah ada. Kali ini ada resep membuat cilok bakar asal Bandung, agar para pengemar cilok bisa membuatnya sendiri di rumah dan selera dalam hal rasa maupun bentuknya.


Resep Cilok Bakar Bandung


Bahan-bahan yang diperlukan

Air panas secukupnya

Bawang merah 2 biji

Bawang putih biasa 1 bii

Bawang putih halus secukupnya

Daging kornet secukupnya

Garam sesuai selera yang asin atau yang sedang

Gula jawa atau gula merah

Kacang tanah 100 gram yang sudah digoreng

Kecap

Merica yang sudah dihaluskan atau lada

Minyak goreng

Penyedap rasa

Seledri

Tepung bisa kita gunakan tepung tapioka 300 gram

Tepung terigu secukupnya

Aci seperlunya


Alat-alat pembuatan cilok

Baskom

Alat-alat masak

Pisau

Ayakan santan

Sendok

Cetakan

dan lain-lain


Cara membuat cilok bakar Bandung spesial

Langkah yang pertama, kita musti mengayak tepung tapioka agar tidak ada gumpalan, setelah tepung tapioka diayak secara halus maka kita tambahkan lada atau merica yang sudah dihaluskan sampai merata.

Tumbuk bawang putih dengan halus lalu kita campur tumbukan bawang putih dengan air panas setelah semua sudah dicampur kita masukkan ke dalam adonan tadi dengan cara perlahan dan sambil diaduk agar semua terkena bumbu.

Setelah adonan sudah jadi dan siap, jangan lupa kita masukkan tepung terigu dengan diayak jangan langsung dimasukan, lalu kita aduk adonan tersebut, lama-lama adonan akan mengeras, boleh kita tambahkan air panas secukupnya ingat jangan terlalu banyak biar adonan tidak rusak dan menjadi bubur.

Kemudian kita nyalakan kompor ditaruh atasnya panci untuk rebusan setelah kita merebus air sampai mendidih sambil kita menunggu rebusan tersebut kita langsung saja mencetak adonan tersebut dan jangan lupa kita isikan daging atau juga isi yang lain sesuai keinginan Anda misalnya dalam bentuk bulat.

Setelah semua adonan sudah Anda cetak, lalu dan air rebusan sudah mendidih maka kita bisa langsung memasukkan adonan yang sudah dicetak tadi namun sebelum cilok dimasukan air rebusan perlu kita tambahkan penyedap dan minyak goreng satu sendok teh. Setelah semua sudah tinggal kita masukkan cilok, apabila ada cilok yang sudah mengapung itu tandanya cilok sudah matang.

Cilok boleh kita angkat, lalu bisa kita bakar seperti halnya kita membakar sate. Ada menu tambahan untuk membuat cilok menjadi lebih berasa yaitu bumbu kacang cara membuat bumbu cukup mudah yaitu kacang yang sudah digoreng, kita tumbuk sampai halus atau bisa juga secukupnya jadi terasa kacangnya dihaluskannya dengan bawang goreng. Setelah semua selesai kita tumis sampai air bumbu kacang surut baru kita tambahkan penyedap dan kecap.


Demikian resep cilok bakar Bandung spesial beserta cara pembuatannya, silahkan Anda praktekkan sendiri di rumah dan nikmati makanan atau cemilan ini bersama keluarga Anda. Selamat mencoba!




Article first seen on source :
Resep Cilok Bakar Bandung Spesial
Post Title : Resep Cilok Bakar Bandung Spesial

Resep Cilok Bakar Bandung Spesial,

Resep Cilok Bakar Bandung Spesial

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.