3 Bahaya Makan di Atas Jam 7 Malam

asd

RANCAH POST – Setiap orang memiliki kebiasaan makan yang berbeda dan waktu yang berbeda pula. Terdapat orang yang suka makan teratur, namun ada pula yang makan secara sembarang tergantung kondisi perut. Secara umum, kebanyakan orang makan sekali tiga hari yaitu pada pagi, siang, dan malam hari. Apakah anda makan dengan pola tersebut?


Hal itu tentu sangat wajar, karena kita butuh asupan makanan yang cukup supaya energi bertambah. Namun ternyata ada suatu kondisi dimana proses makan bisa menjadi berbahaya, yaitu makan di atas jam 7 malam. Benarkah?


Untuk mengetahuinya lebih jauh, silahkan simak ulasan yang telah kami rangkum di bawah ini.


Bahaya Makan di Atas Jam 7 Malam


Meningkatkan berat badan

Kebanyakan orang biasanya sangat mudah makan di malam hari, baik makan besar atau sekedar ngemil. Hal tersebut tentunya turut disebabkan oleh rasa lelah setelah beraktivitas seharian. Kebiasaan makan di malam hari sangat tidak baik khususnya bagi Anda yang sedang menempuh proses diet, karena kebiasaan tersebut bisa meningkatkan kadar lemak pada tubuh. Kenapa bisa begitu? Kebiasaan makan tentunya akan meningkatkan jumlah kalori pada tubuh, namun kalori tersebut tidak terbakar karena pada umumnya Anda sudah berhenti beraktivitas berat di malam hari. Dengan demikian, kalori akan berubah menjadi trigliserda yang pada akhirnya meningkatkan kandungan lemak.


Dampak lebih parahnya Anda bisa mengidap obesitas, serangan jantung, dan juga stroke. Dampak berat badan yang akan terjadi tentunya tidak akan langsung kelihatan, namun akan terjadi dalam jangka panjang jika kebiasaan makan malam terus menerus dilakukan.


Menyebabkan masalah pencernaan

Setelah makan di malam hari, kebanyakan orang pasti langsung pergi tidur untuk beristirahat. Hal tersebut sangat tidak baik karena bisa menimbulkan masalah pada pencernaan. Saat tidur dalam kondisi kenyang, Anda akan merasakan perut kembung, tidak nyaman, dan perut terasa penuh. Hal itu mungkin terlihat sepele, namun sebenarnya bisa menimbulkan masalah serius pada pencernaan jika terjadi dalam jangka panjang.


Menganggu kualitas tidur

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang terbiasa makan di malam hari tidak mendapat kualitas tidur yang baik. Hal itu dikarenakan sistem pencernaan bekerja lebih keras saat tidur yang diakibatkan oleh asupan makanan. Dengan demikian, aktivitas dari sistem pencernaan tersebut akan mengganggu siklus tidur atau yang disebut irama sirkadian. Pada akhirnya, kualitas tidur akan terganggu dan kurang maksimal, sehingga tubuh menjadi kurang bugar saat bangun.


Bahaya di atas masih seringkali disepelekan oleh kebanyakan orang dan tidak dipikirkan dampaknya dalam jangka panjang. Padahal hal sepele tersebut bisa berkembang menjadi masalah serius jika terus menerus terjadi.


Itulah beberapa bahaya makan di atas jam 7 malam. Setelah mengetahui fakta di atas, kini tentunya Anda harus berpikir lebih matang saat hendak makan di atas jam 7 malam, mengingat hal tersebut bisa menyebabkan dampak buruk. Secara sekilas hal ini mungkin tampak sepele, namun sebenarnya bisa menimbulkan berbagai masalah rumit dikemudian hari.


Dampak buruk yang akan diterima mungkin tidak akan datang langsung dalam jangka pendek, melainkan akan terjadi dalam jangka panjang. Semakin Anda sering melakukan kebiasaan makan di atas jam 7 malam, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapat resiko buruk. Sekian ulasan dari kami tentang bahaya makan di malam hari, terima kasih sudah menyimak dan semoga bermanfaat.




Article first seen on source :
3 Bahaya Makan di Atas Jam 7 Malam
Post Title : 3 Bahaya Makan di Atas Jam 7 Malam

3 Bahaya Makan di Atas Jam 7 Malam,

3 Bahaya Makan di Atas Jam 7 Malam

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.