Ahli Fisika Jelaskan "Suara Sangkakala Pertanda Kiamat"

asd

RANCAH POST – Menanggapi suara sangkakala yang belakangan ini menjadi buah bibir masyarakat dunia. Ahli Fisika Indonesia Yohanes Surya, turut berbicara soal fenomena suara aneh diduga mirip bunyi terompet malaikat itu.


Banyak yang berpendapat suara itu merupakan suara Sangkakala Kiamat. Namun, Menurut Yohanes, sulit dipercaya kalau bunyi itu berasal dari luar angkasa. Karena di luar angkasa itu hampa udara, bunyi tidak bisa merambat. Yohanes beberkan, “Saya lebih percaya kalau sumber bunyinya ada di bumi (termasuk atmosfir bumi).”


Terkait asal dari sumber suara itu, Yohanes berpendapat bisa dari bermacam-macam. Mengingat bunyi serupa dengan terompet bisa terjadi di berbagai penjuru dunia.


Penyebabnya bisa juga diakibatkan gesekan antarlempeng bumi yang mana menimbulkan gempa bumi. Yohanes jelaskan, “Gempa bumi kecil bisa menimbulkan bunyi cukup keras. Ini bisa terjadi bersamaan di beberapa tempat sekaligus.”


Dalam kondisi tertentu, lanjut dia, bunyi tersebut bisa dipantulkan oleh lapisan atmosfir sehingga untuk sebagian orang, bunyi kedengaran seperti dari angkasa.


Peraih gelar doktor Fisika dari College of William and Mary, Amerika Serika itu katakan, “Sebagian bunyi mungkin berasal dari gesekan daun dan ranting yang tertiup angin keras atau bunyi pesawat atau mesin yang sedang uji coba. Sebagian mungkin berasal dari kejadian alamiah di atmosfir bumi seperti kilat dan guntur.”


Namun bisa juga bunyi mirip suara sangkakala tersebut terjadi ketika ada gas yang hendak keluar dari celahan bumi, seperti ‘kentut bumi’.




Article first seen on source :
Ahli Fisika Jelaskan "Suara Sangkakala Pertanda Kiamat"
Post Title : Ahli Fisika Jelaskan "Suara Sangkakala Pertanda Kiamat"

Ahli Fisika Jelaskan "Suara Sangkakala Pertanda Kiamat",

Ahli Fisika Jelaskan "Suara Sangkakala Pertanda Kiamat"

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.