Resmi Dikenalkan, Android M Hadir dengan Fitur Sensor Sidik Jari dan Mobile Payment

asd

RANCAH POST – Kehadiran dari Android M tampaknya membuat Google kembali membanting pasar teknologi dunia, dengan menghantam beberapa sektor yang dianggapnya memiliki potensi yang cerah kedepannya. Diantaranya adalah sektor pemindai sidik jari, teknologi mobile payment, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Kehadiran dari dukugan fitur pemindai siddik jari dan fitur mobile payment yang mereka panggil sebagai Android pay ini jelas membanting pasar yang selama ini dirintis oleh beberapa vendor seperti Apple dan Samsung misalnya. Namun dampak ini sendiri amat terasa oleh Samsung, sebagai vendor yang menggunakan OS Android sebagai platform utama di handsetnya. Fitur Samsung Pay dan sensor sidik jari yang mereka kembangkan selama ini harus sia-sia dan musti bentrok dengan fitur pada Android M ini, yakni Android Pay. Padahal seperti yang kita ketahui, bahwa Samsung sendiri telah menghabiskan banyak uangnya untuk dua fitur ini saja. Dan kini, semua vendor kelas bawahpun dapat dengan mudah menyainginya. Wow!


Nah, lalu apa saja sih keistimewahan yang dibawa oleh Android M ini? Mari kita bahas satu per satu, sesuai penuturan Google dalam Keynote mereka di Google I/O.


Fitur Baru di Android M


 


App Permissions Baru


Android M ini hadir dengan model App Permision yang menyerupai iOS, dimana ponsel tidak akan meminta pengguna untuk mengatur perizinan ketika proses intalasi dilakukan. Melainkan melakukannya ketika aplikasi digunakan untuk pertama kalinya. Pengaturan perizinan ini sendiri masih bisa anda ubah melalui fitur setting di ponsel anda.


Custom Chrome Tab


Fitur ini merupakan fitur baru yang cukup fantastis pada Google Chrome. Ketika menggunakan aplikasi, ada kalanya kita perlu membuka browser, baik karena link dari aplikasi atau fitur lainnya. Kita harus terus bolak balik antara aplikasi dan browser, repot bukan.


Nah dengan fitur ini, pengguna akan dapat membuka tab browser baru (Chrome), yang mana sudah dikostum dengan tampilan yang mirip seperti aplikasi tersebut. Sehingga pengguna akan merasa berada pada satu aplikasi saja dan tidak merasa kerepotan.


App Link


Ini merupakan salah satu fitur keamanan baru dalam Android M, sekaligus fitur penghubung yang mantap. Ketika sebuah aplikasi membutuhkan interaksi dengan aplikasi lain semisal Twitter atau Facebook, maka fitur ini yang akan menghubungkannya. OS juga akan melakukan verifikasi kriptografi, sehingga akan membatalkan setiap tindakan berbahaya yang akan dilakukan aplikasi tertentu.


Android Pay


ini dia pembunuh Samsung Pay yang bakal hadir di setiap handset bertenaga Android M. Fitur ini akan memposisikan hardware NFC di perangkat Android, untuk bisa berada diantara toko dan kartu kredit anda. Sehingga ketika berbelanja, baik online maupun langsung, anda tidak perlu memberikan data kartu kredit anda kepada siapapun. Cukup gunakan NFC.


Resmi DIkenalkan, Android M Hadir dengan Fitur Sensor Sidik Jari dan Mobile Payment


Untuk menjalankan fitur ini, Google telah melakukan pengujian selama setahun terakhir, dan kabarnya, fitur ini akan dilakukan atas kerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia credit card dan operator di AS, serta beberapa toko/store ternama di sana.


Fitur Sensor Sidik Jari


Sensor sidik jari ini juga merupakan salah satu fitur yang cukup menarik. Dimana Google menyediakan API khusus yang dijanjikannya bakal konsisten, sehingga para vendor akan dapat menyertakan sensor sidik jari di ponsel mereka sesuka hati.


Sensor didik jari memang sangat populer di kalangan vendor kelas kakap saat ini. Fitur ini bahkan dijadikan salah satu andalan mereka dalam berkompetisi di pasar.


Selain beberapa hal di atas, Android M ini juga menyediakan beberapa fitur pendukung lainnya. Mulai dari fitur yang memaksimalkan pengisian baterai dan pengelolaan sumber daya. Hingga perbaikan pada Google Now, dengan penambahan Google Now on Tap, yang mana mempercerdas asisten manager tersebut.




Article first seen on source :
Resmi Dikenalkan, Android M Hadir dengan Fitur Sensor Sidik Jari dan Mobile Payment
Post Title : Resmi Dikenalkan, Android M Hadir dengan Fitur Sensor Sidik Jari dan Mobile Payment

Resmi Dikenalkan, Android M Hadir dengan Fitur Sensor Sidik Jari dan Mobile Payment,

Resmi Dikenalkan, Android M Hadir dengan Fitur Sensor Sidik Jari dan Mobile Payment

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.