Detik-Detik Jelang Eksekusi Mati Terpidana Narkoba

asd

RANCAH POST – Sejak Jumat (24/04/2015) malam lalu, para terpidana mati telah dimasukan ke ruang isolasi di Lapas Besi, Nusakambangan. Namun sampai saat ini, Selasa (28/04/2015), Kejagung (Kejaksaan Agung) belum memberikan konfirmasi kapan pastinya eksekusi mati akan dilaksanakan.


Jika melihat dari UU PNPS tentang prosedur eksekusi mati, seharusnya 10 terpidana mati kasus narkoba akan berhadapan dengan eksekutor malam ini. Karena, para terpidana mati tersebut sudah sekitar 3 hari berada mendekam di ruang isolasi sesuai UU No. 2 PNPS tahun 1964 sebelum dieksekusi.


Sayangnya, Jaksa Agung HM Prasetyo belum memberikan kepastian mengenai eksekusi mati gelombang 2 bakal dihelat. Prasetyo katakan, “Kalau belum dengar dari saya langsung, jangan sebut dipastikan hari Selasa,” (27/04/2015).


Namun, jika eksekusi mati memang benar dilangsungkan malam ini seperti kabar yang mencuat, Tony Spontana selaku Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung mengatakan, lokasi eksekusi akan digelar di Lapangan Tembak Limus Buntu seperti tempat eksekusi mati tahap pertama. Seperti diketahui, Tony kini telah berada di Nusakambangan.


Tony katakan, “Lokasi eksekusi diagendakan seperti eksekusi tahap pertama. Kita atur ulang agar cukup,” Selasa (28/04/2015).


Sebelumnya, 10 terpidana mati telah masuk dalam daftar eksekusi mati gelombang 2, yaitu duo Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran (WN Australia), Raheem Agbaje Salami (WN Nigeria), Zainal Abidin (WN Indonesia), Serge Areski Atlaoui (WN Perancis), Rodrigo Gularte (WN Brasil), Silvester Obiekwe Nwaolise alias Mustofa (WN Nigeria), Martin Anderson alias Belo (WN Ghana), Okwudili Oyatanze (WN Nigeria), dan Mary Jane Fiesta Veloso (WN Filipina).


Namun ada 1 terpidana mati asal Perancis, yaitu Serge Areski Atlaoui, akan diekskusi terpisah karena kini ia tengah mengajukan upaya hukum untuk melawan putusan PTUN dan grasi Presiden.




Article first seen on source :
Detik-Detik Jelang Eksekusi Mati Terpidana Narkoba
Post Title : Detik-Detik Jelang Eksekusi Mati Terpidana Narkoba

Detik-Detik Jelang Eksekusi Mati Terpidana Narkoba,

Detik-Detik Jelang Eksekusi Mati Terpidana Narkoba

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.