Tes VCT, Dua Orang Penghuni Lapas Ciamis Positif Sifilis

asd

Berita Ciamis, RANCAH POST – Sifilis adalah salah satu penyakit menular seksual yang diakibatkan Bakteri Spiroset Treponema Pallidum yang penularannya melalui hubungan seksual, penularan penyakit ini pun bisa ditularkan dari Ibu ke Bayi yang masih dalam kandungan. Jika tidak diobati, penyakit yang dikenal dengan nama lain Raja Singa ini nantinya akan menyebabkan demensia, kebutaan, impotensi, bahkan kematian.


Penyakit Sifilis inilah yang ditemukan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dan LSM Wisma kala menggelar tes VCT (Voluntari Counseling and Testing) kepada 362 warga penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Ciamis.


“Meski baru memeriksa 211 orang, dua orang diantaranya terindikasi mengidap Sifilis,” ujar Nova Dahliana, Pengelola Program HIV/AIDS dan IMS Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Kamis (21/5/2015).


Dari temuan ini, pihaknya akan melakukan pengobatan terhadap dua penghuni Lapas yang terindikasi mengidap Sifilis tersebut. Nova pun menjelaskan bagaimana Tes VCT ini berawal, dimulai dari pre tes konseling, berlanjut dengan tes laboratorium, kemudian post tes konseling, hingga tahap akhir yakni pembukaan hasil tes VCT tersebut yang nantinya secara langsung hasilnya akan diberitahukan kepada orang yang mengidap penyakit kelamin tersebut.


Sementara itu, Deni Wahyu selaku Koordinator SSR LSM Wisma menyebutkan bahwa tes VCT ini rutin dilaksanakan selama enam bulan sekali, maksudnya adalah untuk mengetahui dan memantau kondisi kesehatan warga penghuni Lapas tersebut.


“Kami membantu memfasilitasi warga binaan agar memperoleh layanan kesehatan,” ucapnya.


Ditempat berbeda, Dasep Rana Budi, S.Sos.,M.Si., Kalapas Kelas II B Ciamis mengungkapkan bahwa pada Tahun 2014 dua warga binaannya juga pernah mengidap penyakit menular seksual, namun bukan Sifilis melainkan HIV/AIDS.


“Bukan hanya penyakit menular seksual saja yang kami periksa, penyakit menular lainnya pun secara intens kami periksa agar tidak terjadi penularan,” tandasnya.


Via Radar Tasikmalaya



Article first seen on source :
Tes VCT, Dua Orang Penghuni Lapas Ciamis Positif Sifilis
Post Title : Tes VCT, Dua Orang Penghuni Lapas Ciamis Positif Sifilis

Tes VCT, Dua Orang Penghuni Lapas Ciamis Positif Sifilis,

Tes VCT, Dua Orang Penghuni Lapas Ciamis Positif Sifilis

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.