Gibran dan Selvi Ananda Jalani Prosesi Siraman Hari Ini

asd

RANCAH POST – Dalam rangka prosesi pernikahan Gibran dan Selvi Ananda, kedua mempelai akan menjalani prosesi siraman hari ini. Acara adat ini akan dilangsungkan di kediaman masing-masing mempelai di Solo, Rabu (10/06/2015) pagi.


Menurut laman Kompas, acara siraman di kediaman Selvi Ananda akan dimulai dengan pemasangan janur oleh orang tua calon mempelai wanita. Kemudian, acara siraman akan dilaksanakan sekitar pukul 09.45 WIB. Sementara, acara siraman Gibran akan digelar lebih dulu pada pukul 09.00 WIB.


Prosesi siraman Gibran dan Selvi Ananda ini mempunyai makna untuk menjernihkan pikiran kedua mempelai sebelum melangkah ke prosesi selanjutnya.


Mufti Rahardjo selaku budayawan Solo mengatakan, acara siraman selalu dilaksanakan dengan khidmat sembari diiringi dengan lantunan tembang. Mufti katakan, “Siraman juga dilakukan oleh orang tua atau para pini sepuh, yang menjadi subyek adalah calon pengantinnya. Pada saat siraman dilakukan, pasti ada gemuruh doa dari keluarga yang hadir kepada calon pengantin,” Selasa (09/06/2015) malam.


Tahapan acara siraman Gibran dan Selvi Ananda merupakan lanjutan dari acara tembung atau lamaran yang sudah dilakukan semalam pukul 19.00 WIB. Keluarga Presiden Jokowi mendatangi rumah Selvi Ananda dengan berjalan kaki.


Pada prosesi tembung tersebut, Jokowi, Gibran dan Kaesang kompak mengenakan seragam batik cokelat. Sementara ibunda Gibran, Iriana Jokowi serta Kahiyang mengenakan kebaya berwarna biru langit.


Dalam acara tembungan, Presiden Jokowi mewakilkan kepada kakaknya, Setiawan, untuk melamar Selvi Ananda. Resepsi pernikahan sendiri akan dilaksanakan besok.




Article first seen on source :
Gibran dan Selvi Ananda Jalani Prosesi Siraman Hari Ini
Post Title : Gibran dan Selvi Ananda Jalani Prosesi Siraman Hari Ini

Gibran dan Selvi Ananda Jalani Prosesi Siraman Hari Ini,

Gibran dan Selvi Ananda Jalani Prosesi Siraman Hari Ini

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.