Jelang Ramadhan, Warga Ciomas Panjalu Gelar Prosesi Adat "Nyepuh"

asd

 


Berita Ciamis, RANCAH POST – Menjelang bulan Ramadhan, di beberapa pelosok tanah air tidak sedikit Kita temukan beberapa prosesi adat atau tradisi menyambut datangnya bulan Ramadhan yang agung ini. Begitu pula di Ciamis, tepatnya di Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis terdapat tradisi yang sudah berlangsung selama turun-temurun, tradisi adat “nyepuh” namanya.


Rabu, 3 Juni 2015 adalah puncak prosesi adat “nyepuh” yang diakhiri dengan ziarah kubur di makam Kyai Haji Penghulu Gusti, tokoh peyebar agama Islam di Ciomas Panjalu dulu kala. Prosesi adat ini pun menyedot perhatian tidak hanya warga dari Kabupaten Ciamis dan sekitarnya, tetapi juga menyedot perhatian hingga mancanegara.


Yoyo Wahyono, Tokoh Masyarakat Ciomas menuturkan, “tradisi ini memang sudah menjadi agenda tahunan menjelang bulan suci Ramadhan,” ujar Yoyo. “Makna “nyepuh” sendiri adalah penyucian diri lahir dan bathin,” imbuhnya.


Dalam prosesi adat “nyepuh” ini, warga bersama dengan sesepuh dan tokoh masyarakat berdo’a memohon perlindungan dalam menjalani kehidupan kepada Allah SWT. Terlebih lagi menjelang masuknya bulan suci Ramadhan.


Sementara itu, H. Dedi Unay selaku Kasi Pembinaan Kesenian dan Perfilman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis menyebutkan bahwa tradisi “nyepuh” ini nantinya akan menjadi ikon Kabupaten Ciamis di bidang kebudayaan dan kesenian.


“Tradisi ini menjadi animo tersendiri bagi masyarakat. Sebagai bentuk kearifan lokal masyarakat, tradisi ini harus dipertahankan,” tandasnya.


Via KP



Article first seen on source :
Jelang Ramadhan, Warga Ciomas Panjalu Gelar Prosesi Adat "Nyepuh"
Post Title : Jelang Ramadhan, Warga Ciomas Panjalu Gelar Prosesi Adat "Nyepuh"

Jelang Ramadhan, Warga Ciomas Panjalu Gelar Prosesi Adat "Nyepuh",

Jelang Ramadhan, Warga Ciomas Panjalu Gelar Prosesi Adat "Nyepuh"

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.