Ragam Fotografi: Hangatnya Mentari dalam Balutan Fotografi Sunset dan Sunrise

asd

RANCAH POST Fotografi sunset dan sunrise adalah salah satu dari banyak teknik fotografi yang harus dilakukan dan diambil serta dikuasai oleh seorang penggemar fotografi. Hal ini karena keindahan yang terlihat saat matahari terbit maupun tenggelam benar-benar menakjubkan. Semburat cahaya kuning yang merah-merahan berpadu dengan siluet menjadi daya tarik tersendiri dari fotografi sunset dan sunrise.


Para pemula biasanya asal-asalan dalam membidikkan kameranya, foto yang dihasilkan pun akhirnya kurang bermakna bahkan terlihat tak sedap dipandang mata. Oleh karena itu, bagi pemula sebaiknya bergabung dengan komunitas pecinta fotografi untuk menambah wawasan dunia fotografi Anda. Berburu foto bersama teman-teman dalam komunitas fotografi bisa menambah pengalaman sekaligus mengasah teknik fotografi hingga mumpuni.


Bagi pemula, fotografi sunset dan sunrise merupakan salah satu tahapan menjadi fotografer handal. Karena dalam mengabadikan sunset dan sunrise tersebut, tidak hanya diperlukan kamera yang bagus, melainkan juga dibutuhkan ketertarikan seseorang terhadap alam.


Pelajaran terpenting adalah terus-menerus memotret. Kalau anda pernah mencoba memotret sunset dan sunrise tetapi hasilnya kurang memuaskan, ulangi lagi sampai hasilnya Anda anggap memuaskan, atau bisa Anda coba pelajari beberapa hal berikut ini:


Pertama, cari tahu terlebih dahulu kondisi dan cuaca sebelum memotret. Jangan sampai ketika momennya sudah pas tapi keadaan tidak mendukung, Anda kecewa jadinya. Misalkan ingin memotret sunset atau sunrise dari pegunungan, Anda pasti tidak akan diizinkan masuk apabila gunung tersebut adalah gunung berapi yang sedang aktif. Jadi mengetahui lokasi dan kondisinya adalah hal yang harus diperhatikan.


Kedua, carilah referensi. Dengan mencari referensi, Kita memiliki gambaran dari suatu lokasi yang ingin dituju, Kita menjadi tahu foto seperti apa yang harus kita ambil. Hingga nantinya kita menghasilkan foto yang benar-benar memuaskan. Bisa juga dengan melihat foto yang sudah ada, kita bisa mengetahui bagaimana foto yang bagus.


Ketiga, perhatikan waktu. Datang lebih awal adalah hal yang harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai Kita kehilangan momen yang indah karena datang terlalu siang atau datang terlalu malam. Untuk fotografi sunset waktunya yang tepat adalah 1-2 jam hingga 30 menit sebelum matahari terbenam. Untuk fotografi sunrise, antara 1-3 jam setelah matahari terbit.


Keempat, settingan kamera. Bagi pemula yang tidak ingin kehilangan momen, tentunya bisa menggunakan settingan kamera automatis. Bagi Anda pengguna kamera DSLR Nikon, mode pemotretan sunset dan sunrise sudah disediakan dalam guide mode yang ada pada kamera Nikon ini.


Bagi yang ingin mencoba mode manual (M), pastikan setting AUTO ISO pada kamera anda dalam keadaan off, set ISO serendah mungkin kira-kira 100 atau 200. Semakin rendah ISO, semakin bagus gambar/foto yang dihasilkan. Untuk apperture atau bukaan, gunakan appertur antara f/8 sampai f/16. Jika ingin dikombinasikan dengan objek atau benda lainnya, set shutter speed antara 1/15 sampai 1/100. Untuk fokusnya bisa digunakan auto fokus dan gunakan live view pada kamera agar mendapatkan komposisi yang pas.


Kelima, komposisi. Salah satu cara agar mendapatkan komposisi yang akan membuat foto sunset dan sunrise terlihat bernilai seni dan tidak hambar adalah dengan menambahkan objek lain selain matahari itu sendiri.


Keenam, gunakan filter. Gunanya adalah untuk menambah efek gradasi cahaya saat memotret, kesan dramatis pun akan nampak pada foto sunset maupun sunrise.


View matahari ketika sunset atau sunrise akan selalu berubah meskip berada di lokasi yang sama, baik itu bentuk atau intensitas warnanya, hingga foto yang dihasilkan pun akan selalu berbeda. Jangan pernah bosan untuk berlatih dan melakukan engambilan gambar, cobalah berulang-ulang hingga Kita menemukan foto/gambar yang Kita inginkan. Pengalaman adalah guru terbaik, practice makes perfect.




Article first seen on source :
Ragam Fotografi: Hangatnya Mentari dalam Balutan Fotografi Sunset dan Sunrise
Post Title : Ragam Fotografi: Hangatnya Mentari dalam Balutan Fotografi Sunset dan Sunrise

Ragam Fotografi: Hangatnya Mentari dalam Balutan Fotografi Sunset dan Sunrise,

Ragam Fotografi: Hangatnya Mentari dalam Balutan Fotografi Sunset dan Sunrise

0 comments

Post a Comment

Powered by Blogger.